Doa Sebelum Belajar

Doa Sebelum Belajar

Doa Sebelum Belajar – Belajar merupakan bagian dari kegiatan belajar. Sebagaimana dalam Islam, belajar dan menuntut ilmu memiliki keutamaan yang luar biasa. Allah SWT akan menaikkan derajat orang berilmu sampai beberapa derajat, dan kehidupannya akan menjadi baik di akhirat. Kegiatan belajar berkat hendaknya didahului dengan membaca doa sebelum belajar. Membaca sholat saat akan belajar berarti memohon kepada Allah SWT Maha Ilmu agar diberi kemudahan.

Secara teoritis pembelajaran merupakan proses stimulus input yang menghasilkan output berupa respon yang berkaitan dengan pengetahuan baru. Pembelajaran tidak hanya dilakukan oleh siswa dan siswa, karena setiap orang dapat melalui proses ini selama sisa hidupnya. Dalam Islam terdapat sunnah dan fiqh yang wajib dilakukan setiap muslim saat akan menuntut ilmu. Semua itu semata-mata untuk ridha Allah SWT dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Hakikat Pembelajaran dalam Islam

doa sebelum belajar dan sifatnya
dreamstime.com

Islam menuntut setiap pengikutnya untuk selalu belajar. Dalam bentuk apapun, kegiatan belajar tidak boleh ditinggalkan karena akan mendatangkan dosa bagi yang melalaikannya. Ada banyak sekali ayat Al-Qur'an dan hadits Rasulullah SAW yang berisi petunjuk belajar. Berikut beberapa konsep dan perspektif Islam dalam memandang hakikat belajar.

  1. Kata Pertama dari Allah SWT

Ketika Allah SWT menurunkan kata pertama kepada Rasulullah SAW di Goa Hira, di ayat tersebut terdapat perintah "membaca". Membaca merupakan bagian dari kegiatan belajar, sehingga menunjukkan bahwa belajar itu sangat penting. Dalam membaca sholat sebelum belajar juga ada arti meminta “cahaya ilmu”, yaitu kemuliaan ilmu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Belajar adalah proses seumur hidup. Dari apa yang awalnya tidak Anda ketahui, dari apa yang tidak Anda ketahui menjadi mengerti. Kewajiban belajar tidak boleh ditinggalkan dengan alasan apapun, karena ini adalah perintah Allah SWT. Betapapun beratnya proses belajar, tentu lebih baik daripada harus mengalami kepahitan ketidaktahuan.

  1. Menafsirkan Q.S Al-Mujadilah Ayat 11

Allah SWT menjanjikan kedudukan yang tinggi bagi semua hamba-Nya yang berilmu. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S Al-Mujadilah di ayat 11, bahwa Rahman akan menaikkan derajat orang berilmu ke posisi yang lebih tinggi. Ilmu hanya bisa didapatkan melalui proses belajar, sehingga secara tidak langsung Allah menjanjikan kedudukan yang luhur bagi hamba-hamba-Nya yang belajar.

Setiap pelajaran diharuskan dimulai dengan doa sebelum belajar. Selama proses menyerap pengetahuan, Anda mungkin menemui kesulitan. Harapannya dengan shalat ini memudahkan Allah SWT dalam memahami apa yang sedang dipelajari. Ingat selalu janji Allah dalam Q.S Al-Mujadilah di ayat 11 agar lebih semangat belajar.

  1. Membuktikan Bahwa Manusia Itu Akal

Manusia punya alasan, inilah yang menaikkan derajat manusia dibandingkan makhluk hidup lainnya. Akal digunakan dalam proses berpikir, dan berpikir adalah bagian dari proses pembelajaran. Maka dari itu, ketika seseorang sedang belajar, otomatis dia akan membuktikan dirinya bahwa anugerah Allah SWT adalah akal budi yang membedakannya dengan makhluk lain.

Belajar melibatkan proses berpikir yang kompleks di dalam pikiran. Dengan belajar, manusia sebenarnya menunjukkan sikap bersyukur karena Allah SWT telah memberi akal. Hanya manusia yang diciptakan oleh Allah SWT beserta akalnya, sehingga manusia dapat memahami dan mempelajari lingkungan sekitarnya guna meningkatkan ketakwaan.

  1. Pedoman Kehidupan Manusia di Dunia dan Akhirat

Belajar mempelajari ilmu yang benar memberi manusia bekal untuk menjalani kehidupan di dunia ini hingga akhirat. Karena itulah dalam bacaan sholat sebelum belajar ada lafadz yang artinya meminta ilmu yang bermanfaat. Hanya pengetahuan yang berguna yang akan membimbing manusia menuju keselamatan di dunia ini dan akhirat.

Ada pepatah mengatakan "ilmu tanpa iman memudar" dan "iman tanpa penyimpangan". Ini benar, karena ilmu agama dan ilmu dunia saling melengkapi. Pembelajaran yang dituntut dalam Islam antara lain mempelajari agama dan ilmu-ilmu dunia. Kedua ilmu tersebut akan menjadi bekal dan pedoman bagi kehidupan manusia.

Keutamaan Belajar Menurut Islam

doa sebelum belajar dan keutamaannya
pinterest.com

Berbicara tentang belajar, proses ini sebenarnya merupakan rangkaian kegiatan yang melibatkan kerja pikiran untuk menghasilkan pengetahuan baru. Belajar bukan hanya soal tidak tahu menjadi tahu, tetapi berkaitan dengan langkah-langkah mengidentifikasi, menganalisis, memperhatikan, dan mengolah informasi. Lalu, apa istimewanya belajar? Mengapa Islam mewajibkan pengikutnya untuk belajar? Berikut uraian tentang keutamaan belajar menurut Islam.

  1. Jalan menuju surga

Melakukan kegiatan belajar (menimba ilmu) sambil melaksanakan sunnah seperti mengamalkan shalat sebelum belajar dan lain-lain akan membuka jalan menuju surga. Hal ini menunjukkan bahwa Islam sangat menghormati umatnya yang berusaha mempelajari ilmu (tolabul & # 39; ilmi & # 39;).

Allah SWT menjanjikan surga bagi hamba-hamba-Nya yang rajin belajar. Hal ini seperti yang tertuang dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa siapapun yang bepergian untuk menuntut ilmu maka Allah SWT mengaruniakan jalan yang luas ke surga.

  1. Di Angel & # 39; s Shade

Siapa yang tidak ingin kesehariannya di dunia mendapat sayap dari malaikat? Jika Anda mau juga, maka salah satu caranya adalah belajar dengan ikhlas. Dalam hadits otentik diriwayatkan oleh Al-Hakim, Ibnu Hibban, dan Ahmad, disebutkan bahwa malaikat akan mengepakkan sayap bagi siapa saja yang mencari ilmu.

Malaikat hanya akan mengepakkan sayap kepada hamba-hamba Allah SWT yang beramal. Bahkan malaikat hanya akan melebarkan sayapnya dengan izin Allah SWT. Dalam shalat sebelum belajar juga terdapat bacaan yang artinya memohon izin Allah untuk mendapat keberkahan ilmu. Jadi, jika bidadari mengepakkan sayapnya untuk pencari ilmu, artinya hambanya sudah diridhoi Allah SWT.

  1. Dapatkan Merits

Setiap perbuatan baik atau buruk akan diberi pahala yang sesuai. Inilah prinsip dasar kehidupan di dunia. Setiap perbuatan baik akan mendapatkan pahala berupa pahala dari Allah SWT. Hamba yang mendapatkan banyak pahala akan dianugerahi kebahagiaan abadi di surga bersama orang yang mereka cintai.

Salah satu cara untuk mendapatkan banyak reward adalah dengan belajar. Rasulullah SAW pernah bersabda sebagaimana diriwayatkan dalam hadits sahih oleh Abu Nu 'bertujuan agar ada pahala yang diperuntukkan bagi empat kelompok orang, yaitu salah satunya adalah penuntut ilmu yang bertanya, menjawab, dan mendengar nasehat dari umat. guru.

  1. Lebih baik dari negara lain

Pernahkah Anda membayangkan jika Anda mendapatkan hadiah yang lebih baik dari dunia dan segala isinya? Tentu itu adalah berkah luar biasa yang tidak dimiliki semua hamba. Salah satu cara mendapatkan anugerah ini adalah dengan mempelajari dan mempraktekkan tradisi belajar seperti membaca doa sebelum belajar.

Rasulullah SAW bersabda, seperti tertulis dalam kutipan hadits dari riwayat Ibn Hibban bahwa seseorang yang mempelajari satu surah suatu ilmu sebenarnya jauh lebih baik nilainya dari pada dunia dan isinya. Sungguh Allah SWT sangat memuliakan mereka yang belajar, meskipun mereka tidak banyak belajar.

  1. Sama halnya dengan jihad

Jihad tidak selalu tentang perang. Di saat perang belum menjadi kebutuhan, jihad dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan belajar. Pahala yang diperoleh dengan belajar sama dengan jihad di jalan Allah. Kemuliaan yang dijanjikan itu seperti memperjuangkan agama Tuhan.

Dengan belajar ikhlas dan menjalankan sunnahnya seperti membaca doa sebelum belajar, Anda telah berusaha untuk menghapus kebodohan. Itulah mengapa belajar dikatakan sebagai jihad melawan kebodohan. Musuh utama umat manusia bukan hanya mereka yang menjadi pendekar pedang, tapi juga mereka yang masih dikelilingi oleh ketidaktahuan.

  1. Instruksi untuk Mendapatkan Hidayah

Jika seorang hamba mendalami dan memahami ilmu syar'i, maka ia akan diperlihatkan jalan yang lebih luas untuk mendapatkan hidayah Allah SWT. Pengetahuan ini akan membimbingnya menuju keselamatan di akhirat. Tentu semua orang ingin diselamatkan di dunia ini dan di akhirat, bukan? Jadi salah satu kuncinya adalah menguasai ilmu syar'i.

Hamba yang telah diberkahi dengan hidayah Allah SWT mengetahui antara yang baik dan yang benar dari sudut pandang syara & # 39 ;. Untuk bisa sampai ke level ini, tentunya harus terlebih dahulu mempelajari seluk beluk syari'at tersebut. Untuk itu mereka yang ingin mendapatkan bimbingan dan bimbingan harus mulai belajar, terutama tentang ilmu agama.

Adab dan Sunnah Saat Belajar

doa sebelum belajar dan tata krama
vectorstock.com

Dalam pembelajaran juga ada adab dan sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Tidak hanya mengamalkan shalat sebelum belajar, ada tradisi lainnya. Islam sangat menekankan adab dalam setiap tindakan kecil. Anda dapat melakukan adab dan sunnah berikut ini sambil belajar agar menghasilkan ilmu yang lebih bermanfaat dari hasil belajar.

  1. Mengatur Niat

Semua tindakan dinilai dari niat mereka. Konsep ini juga berlaku dalam hal pembelajaran. Anda harus menentukan niat Anda sebelum belajar. Pertama, niatkan beraktivitas untuk mendapatkan ridha Allah SWT, bukan untuk kepentingan diri sendiri atau apapun. Kedua, berniat belajar semata-mata untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat, bukan untuk menekuni dunia.

Semangat belajar seseorang biasanya dipengaruhi oleh niat. Jika niatnya kuat, maka dia akan rajin dan tidak akan malas. Begitu pula sebaliknya, jika niat tidak ditanamkan dengan sungguh-sungguh, maka akan goyah begitu mendapat godaan sekecil apapun. Belajar tanpa kemauan yang kuat membuat seseorang melakukannya dengan setengah hati. Hasilnya juga tidak akan maksimal, karena tidak dilandasi niat yang tulus.

  1. Memulai dan Menutup dengan Doa

Salah satu sunnah penting yang perlu dilakukan saat belajar adalah memulai dan menutup dengan shalat. Tujuannya agar kegiatan belajar Anda lebih berkah dan lebih mudah menyerap ilmu. Anda dapat membaca doa sebelum belajar dan doa setelah belajar sesuai dengan petunjuk Nabi Muhammad.

Membaca doa juga membantu Anda melindungi diri Anda dari godaan Setan selama proses pembelajaran. Biasanya godaan ini muncul dalam bentuk rasa malas, ngantuk, dan berbagai macam lainnya. Jadi, untuk menghindari semua itu, sebaiknya kita membuka dan mengakhiri kegiatan belajar dengan bacaan doa. Allah SWT akan melindungi hamba-Nya yang selalu berdoa setiap memulai aktivitas yang baik.

  1. Perhatikan sikap

Islam sangat menjunjung tinggi adab, artinya sikap dan perbuatan seseorang harus sesuai dengan hukum syara'at. Saat belajar, tunjukkan sikap yang baik. Ini berlaku untuk kegiatan belajar formal dan nonformal. Kegiatan pembelajaran formal yang dilaksanakan di sekolah atau perguruan tinggi mewajibkan pelapor sains untuk mematuhi peraturan yang berlaku.

Sedangkan untuk pembelajaran nonformal misalnya di rumah atau homeschooling tidak ada aturan tertulis yang mengikat. Bagaimanapun, tetap saja sikap harus diperhatikan. Sikap seorang penuntut ilmu haruslah memiliki karakter yang baik, karena sikap tersebut merupakan cerminan dari ilmunya.

Baca:  Memahami Kode Lensa Sony – Kamu Perlu Tahu Sebelum Membeli

Bacaan Doa Sebelum Belajar

berdoa sebelum belajar dan membaca
freepik.com

Ada beberapa bacaan doa sebelum belajar yang bisa dipraktekkan secara rutin. Islam mengajarkan umatnya untuk selalu memulai aktivitas apapun dengan membaca doa. Ibarat jembatan penghubung, doa menuntun orang untuk terhubung dengan Allah SWT. Oleh karena itu, setiap ingin memulai suatu aksi sebaiknya diawali dengan membaca doa. Termasuk saat belajar, berikut doa-doa yang bisa dibaca sebelum belajar agar lebih mudah menyerap ilmu.

  1. Bacaan doa di Q.S Taha Ayat 114

Doa ini kebanyakan dipraktekkan karena pendek dan artinya baik. Sebenarnya doa ini dikutip dari bacaan di ayat 114 Q.S Taha. Ayat tersebut memberikan gambaran yang tenang tentang keutamaan ilmu, oleh karena itu disarankan untuk meminta ilmu yang bermanfaat sebanyak-banyaknya. Ayat Syara surat ini juga tertuang dalam kitab Zaad Al-Masiir. Berikut bacaan dan artinya.

وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Robbi zidni ilman

Adapun artinya:

"O Rabbku Tambahkan padaku ilmu."

  1. Bacaan doa dalam Hadits Tirmidzi dan Ibn Majah

Doa sebelum belajar juga dikutip dari hadits berdasarkan sejarah Tirmidzi dan Ibn Majah. Doa ini tertuang dalam hadits Tirmidzi tepatnya nomor 3599 dan masuk dalam kitab Ibnu Majah nomor 3833. Bacaannya relatif singkat meskipun sedikit lebih panjang dari Q.S Taha ayat 114. Berikut lafadz dan maknanya.

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي, وَعَلِّمْنِيْ مَايَنْفَعُنِيْ, وَ زِدْنِيْ عِلْمًا

Allahumman-fa & # 39; niy bimaa & # 39; allamtaniy wa & # 39; allimiy maa yanfa & # 39; uniy, wa zidniy & # 39; ilman

Berarti:

"Ya Allah, manfaatkan aku dengan apa yang Engkau ajarkan padaku, dan ajari aku apa yang bermanfaat bagiku, Dan tambah ilmu bagiku. "

  1. Bacaan doa dalam Hadis Abu Dawud dan Ibn Majah

Versi lain dari bacaan doa sebelum belajar juga terdapat pada kitab sahih nomor 1548 milik Abu Dawud dan nomor 3837 dalam kitab hadits Ibnu Majah. Doa yang sama juga dibenarkan oleh An-Nasa 'i dalam bukunya nomor 5536. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar dilindungi dari ilmu dan hal-hal yang tidak berguna. Berikut bacaan dan artinya.

اللهم إني أعوذ بك من قلب لا يخشع, ومن دعاء يسمع, ومن نفس لا تشبع, ومن عام لا ينفع, أعوذ برب من

Allahumma iInni a & # 39; udzubika min & # 39; ilmin lama yanfa & # 39; wa qalbin la yakhsya & # 39; wa du & # 39; ain lama yusma & # 39; wa nafsin lam tasyba & # 39 ;. Allahumma Inni a & # 39; udzubika min haulaai al-arba. & # 39;

Yang didefinisikan sebagai:

"Ya Allah… Aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak berguna, dari hati yang tidak berbakti, dari jiwa yang tidak puas, dan dari doa yang tidak didengar (tidak dijawab)."

  1. Bacaan Doa dalam Hadits Ahmad dan Ibu An-Sunni

Pelafalan sholat pra studi yang diriwayatkan oleh Ahmad dan As-Sunni sebenarnya sama dengan pembacaan sholat pagi hari. Doa ini memiliki arti memohon ilmu dan rezeki dari Allah SWT. Jadi doa ini juga bisa dibaca di pagi hari sebagai dzikir harian, dan juga bisa dibaca saat mulai belajar. Berikut ini adalah bacaan singkat beserta artinya.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً ، وَرِزْقاً طَيِّباً ، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma Inniy As-aluka & # 39; ilman naafi & # 39; an, wa rizqon thoyyiban, wa & # 39; amalan mutaqobbalan

Berarti:

"Ya Allah, sungguh aku memohon ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima".

Tidak ada informasi lebih lanjut yang menetapkan doa ini sebagai bacaan pagi. Tidak ada juga yang menyebutkan bahwa shalat ini dimaksudkan untuk dzikir setelah Subuh. Oleh karena itu, boleh saja berlatih setiap saat, tidak harus di pagi hari. Misalnya saat belajar malam, doa ini boleh dibaca.

  1. Baca Bismillah

Pengajian Bismillah juga bisa digunakan sebagai doa sebelum belajar. Pembuka kitab Allah pada ayat pertama Al-Fatihah memiliki kekuatan luar biasa, meskipun lafadz-nya pendek. Bismillah bisa dibaca untuk mengawali segala perbuatan yang dianggap kebaikan, maka Allah SWT akan menambah pahala berlipat bagi yang mengamalkannya.

Arti Bismillah sendiri adalah menyebut nama Allah. Yang bisa dibaca Bismillah saja, bisa juga diteruskan sampai akhir ayat menjadi Bismillahirrohmanirrahim yang artinya "dengan menyebut nama Allah Yang Maha Penyayang dan Maha Penyayang". Bacaan Bismillah juga bisa dibaca sebelum membaca doa untuk menimba ilmu lainnya.

Prosedur untuk Berlatih Doa Sebelum Belajar

doa sebelum belajar dan pengamalannya
vectazy.com

Islam selalu mengutamakan fiqh dan tata cara dalam melakukan segala hal. Syarat setiap amalan yang diridhoi Allah SWT adalah dilakukan dengan ikhlas dan dilakukan dengan benar. Standar yang benar dilihat berdasarkan kesesuaiannya dengan petunjuk Nabi Muhammad. Jadi setiap perbuatan harus dilakukan sesuai dengan fiqh yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Termasuk dalam hal shalat sebelum belajar juga menerapkan prinsip-prinsip fiqh. Sama seperti saat mengamalkan shalat lainnya, ada beberapa tata cara yang harus dilakukan saat membaca doa saat akan belajar. Anda bisa melakukan ini agar shalat Anda diterima oleh Allah SWT dan permohonan Anda dikabulkan. Berikut tata cara berlatih membaca sebelum belajar.

  1. Berusahalah dalam Kondisi Murni

Rasulullah SAW menganjurkan agar umatnya senantiasa menjaga wudhu, dalam arti dijaga dalam kondisi suci. Saat akan belajar ada baiknya berwudhu dulu. Salah satu keutamaannya adalah menjauhkan setan dari gangguan dalam kegiatan belajar. Berwudhu juga bisa menghilangkan rasa kantuk dan rasa malas agar tidak mendarat.

Oleh karena itu, sebelum mulai belajar dengan bacaan doa, sebaiknya Anda dalam kondisi suci. Tidak ada salahnya menjauhkan diri dari hadast saat belajar. Tetapi jika Anda tidak dapat melakukan ini, maka tidak apa-apa. Karena ini bukan kasus wajib, maka hanya disarankan untuk melakukannya.

  1. Mulailah dengan Bismillah

Saat akan membaca doa sebelum belajar, mulailah dengan Bismillah terlebih dahulu. Makna bacaan singkat ini luar biasa. Dengan membaca Bismillah setiap memulai sesuatu berarti menampilkan Allah SWT dalam setiap aktivitas. Hati terasa lebih tenang dan menghindari campur tangan iblis yang terkutuk.

Memulai belajar bersama Bismillah juga akan menambah keberkahan ilmu yang didapat. Insya Allah otak Anda akan lebih mudah menyerap ilmu baru. Misalnya, Bismillah adalah benteng pertahanan yang melindungi otak Anda dari hal-hal yang tidak penting, sehingga memudahkan proses transfer informasi penting.

  1. Bisa Dibaca Lisan atau Diam

Pembacaan doa dapat dilakukan secara lisan atau diam-diam. Membaca doa dalam hati harus diiringi dengan pikiran yang terfokus dan hati yang tulus. Jangan biarkan itu membaca doa, tapi pikiran dan hatimu berkelana kemana-mana. Itu tidak diklasifikasikan sebagai amalan yang tulus, dan kecil kemungkinannya Allah akan mengabulkannya.

Jika Anda membaca doa sebelum belajar secara lisan, lakukan dengan tenang. Prinsipnya, manusia yang berdoa sebagai hamba Allah itu meminta pertolongan. Orang yang meminta pertolongan mungkin tidak mengucapkan dengan suara lantang, tapi dengan lembut penuh keikhlasan agar permintaannya dikabulkan.

  1. Akhiri dengan Aamiin

Usai membaca doa saat akan belajar, disarankan menutupnya dengan lafadz & # 39; aamiin & # 39 ;. Kata yang satu ini memiliki arti yang dalam untuk mengatakan ya atas doa yang telah diucapkan. Dengan mengucapkan kata ini berarti setuju bahwa doa yang dimohonkan hanya ditujukan kepada Allah SWT saja dan hanya Allah yang mengabulkannya.

Pelajaran Berisi dalam Doa Sebelum Pelajaran

doa sebelum belajar dengan pelajaran
vectorstock.com

Tidak ada amalan yang sia-sia jika setiap perbuatan dilandasi oleh niat beribadah. Begitu pula ketika mengamalkan shalat sambil belajar tidak akan sia-sia jika dilandasi niat ikhlas semata-mata demi meraih ridha Allah SWT. Penting untuk diketahui bahwa studi Anda dicatat sebagai penyembahan dan pahala. Berikut adalah hikmah yang terkandung dalam bacaan doa untuk memulai belajar.

  1. Mengingat Allah SWT

Ketika Anda membaca doa sebelum belajar, maka secara otomatis akan mengingat Allah SWT sebagai tujuan shalat. Allah senang pada hamba yang berdoa hanya untuk Dia. Jadi ketika Anda berdoa ketika Anda akan belajar, Anda sebenarnya mengingat Allah SWt sambil semakin dekat dengan-Nya.

Kesadaran bahwa manusia hanyalah hamba yang lemah mendorong seseorang untuk rajin berdoa. Doa adalah bukti ketidakberdayaan manusia atas segala kekuasaan Allah SWT. Manusia hanya dapat melakukan segalanya dengan kekuatan mereka, dan Allah yang menentukan hasilnya. Bahkan saat belajar, manusia hanya bisa berusaha semaksimal mungkin untuk memahami dan menyerap ilmu. Hasil akhirnya adalah apakah ilmu ini bisa masuk ke otak atau tidak, Allah yang menentukan.

  1. Meminta Untuk Diberi Pengetahuan yang Berguna

Salah satu amalan yang tidak akan pernah gagal meski orangnya sudah meninggal adalah ilmu yang bermanfaat. Ketika membaca sholat sebelum belajar berarti sedang memohon kepada Allah SWT agar diberi ilmu yang bermanfaat. Allah Maha Ilmu yang akan menjawab doa para hamba-Nya jika mereka memintanya dengan tulus.

Setiap orang pasti ingin memiliki ilmu. Tidak hanya sebatas bidang eksakta, ilmu ini bisa di berbagai bidang. Anda bisa menjahit itu adalah ilmu. Anda bisa memasak dan bahkan sains. Anda bisa melakukan berbagai kreativitas yang merupakan hasil dari ilmu pengetahuan. Jadi selalu meminta Allah untuk ilmu yang berguna dalam hal apapun.

  1. Menyadari Keterbatasan Manusia

Manusia merupakan makhluk yang memiliki banyak sekali keterbatasan. Manusia lalai, pelupa, mudah terbawa emosi, dan sebagainya. Semua ini menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk lemah yang sering terbawa arus. Ketika membaca sholat sebelum belajar berarti menyadari bahwa diri Anda sendiri memiliki banyak keterbatasan, maka mohon pertolongan Allah SWT.

Belajar adalah proses hidup yang kompleks. Manusia membutuhkan sinergi dari setiap elemen psikologis untuk menyerap dan mengolah informasi yang didapatnya. Semua proses tersebut dapat berjalan semata-mata karena kehendak Tuhan. Mustahil bagi manusia untuk melalui proses pembelajaran yang kompleks jika bukan karena kekuasaan Allah SWT.

****

Itulah ulasan tentang bacaan doa sebelum menelaah beserta makna dan tata cara mengamalkannya. Bagi sebagian orang belajar itu membosankan, padahal di sisi lain ada orang yang suka belajar. Dengan mengamalkan shalat sembari belajar, Anda akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda: pertama, pahala kegiatan belajar, dan kedua pahala mengamalkan sunnah Nabi Muhammad. Sehingga sayang jika amalan luar biasa ini tidak dilakukan oleh setiap muslim.

Posting Doa Sebelum Belajar muncul pertama kali di Kozio.com.