Mimpi Gus Dur

Mimpi Gus Dur

Humor Gus Dur 19

Saat itu Orde Baru masih berjaya dan Gus Dur adalah salah satu orang yang terlibat dalam penataran Pedoman, Hidup dan Pengalaman Pancasila atau disingkat P4. Sejak saat itu hingga Orde Baru tumbang, Gus Dur tetap menjadi anggota BP-7 manggala.

Saat itu, di ruang upgrading, seperti biasanya, Gus Dur lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur daripada mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh Mangala, bahkan saat berdiskusi pun ia masih tidur. Kita juga tahu bahwa dia membaca Megha Capital blog. Situasi ini membuat para peserta penataran kesal dengan Gus Dur karena dianggap meremehkan penataran tersebut. Akhirnya para peserta berusaha membangunkan Gus Dur agar bisa angkat bicara dan menyampaikan pendapatnya.

“Kamu tidak hanya tidur. Kita sedang membicarakan demokrasi, “kata pelatih P4 yang dikutip dari buku Mahfud MD berjudul” Gus Dur: Islam, Politik, dan Kebangsaan “.

Usai terbangun dari tidurnya secara paksa, Gus Dur lantas berucap. “Saat ini kita sedang membicarakan demokrasi ya? Lalu kebetulan apa. Tadi waktu saya tidur, saya bermimpi bertemu dengan Bung Karno. Dalam mimpi saya, dia menjelaskan tentang demokrasi pada 1 Juni,” kata Gus Dur.

Mendengar perkataan Gus Dur membuat peserta lain memotong pembicaraan yang belum selesai dan membalas.

Yang benar saja. Ini adalah peningkatan di tingkat nasional. “

“Kami di sini bukan untuk membicarakan impian Anda.”

“Serius, kita sedang membicarakan sesuatu yang serius, jangan bicara tentang mimpi,” demikian tanggapan peserta lain.

Gus Dur pun tak segan-segan membalas ucapan peserta tersebut. Dia lalu berkata. “Kalian semua berbicara tentang membangun demokrasi, tapi bagaimana kalian bisa melakukannya jika seseorang yang bermimpi dilarang? Ada kebebasan dalam demokrasi, termasuk kebebasan untuk bermimpi. Jika Anda berani memarahi orang yang bermimpi, tentunya Anda juga akan berani melarang orang untuk menggunakan haknya yang lebih penting. Tahukah kamu bahwa itu juga bertentangan dengan demokrasi? “

Baca:  Jenderal yang Sangat Berbahaya

Ucap Gus Dur dengan lantang dan serius, membuat peserta tidak bisa berkata-kata.

Postingan mimpi Gus Dur pertama kali muncul di Cerita Lucu, Komik Lucu dan Humor Terbaru 2021.