Pengertian Ilmu Pengetahuan

Pengertian Ilmu Pengetahuan

Memahami Sains – Saat mendengarkan kata sains, mungkin pikiran Anda akan langsung tertuju pada lab sains yang digunakan untuk penelitian. Faktanya, wajar saja untuk berpikir seperti itu. Namun pemahaman sains lebih luas dari kenyataan. Ini sama dengan sifat pengetahuan yang tidak terbatas bahkan setelah bertahun-tahun mempelajarinya. Ada banyak deskripsi yang menggambarkan sains. Lantas apa arti ilmu ini? Simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Ilmu Secara Umum

pemahaman ilmu pengetahuan secara umum
medium.com

Saat Anda melakukan pencarian di web search, Anda mungkin menemukan banyak pemahaman ilmu pengetahuan dari berbagai sumber, termasuk para ahli. Namun, sebelum mengetahui arti pengetahuan secara pribadi dari pendapat ahli, Anda bisa memahami konsep umumnya terlebih dahulu.

Hakikat ilmu yang ada di dunia ini, baik ilmu pengetahuan maupun ilmu pengetahuan umum, diwariskan dengan melakukan kajian-kajian seperti observasi, penelitian, penemuan, dan lain sebagainya untuk membuktikan kebenarannya yang sebenarnya. Selain itu, ada pengetahuan yang diperoleh melalui metode tertentu sehingga wawasan-wawasan tersebut terbentuk secara sistematis.

Ilmu dapat dikatakan ilmu jika dinilai secara objektif yang telah melalui proses pengelompokan, sistematisasi, dan interpretasi oleh para ahli sehingga kebenarannya telah teruji secara ilmiah dan dapat dijadikan sebagai panutan. Jika dilihat dari sudut pandang filosofis, sains terbentuk karena manusia berusaha memperdalam pemikirannya tentang wawasan yang ada di dunia ini.

Hakikat ilmu adalah konkrit sehingga realitas dapat dibuktikan dan dipelajari. Ilmu pengetahuan selain konkrit juga harus bersifat empiris, artinya sesuai dengan fakta tanpa mengada-ada. Pengertian ilmu menurut etimologi berasal dari bahasa arab yaitu “ilm” artinya mengetahui dan memahami. Sedangkan dalam bahasa Latin, "scientia" dan bahasa Inggris adalah "science".

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sains merupakan wawasan ilmu yang sistematis dan digunakan untuk menjelaskan setiap gejala yang terjadi. Berkaitan dengan kecerdasan dan mata pelajaran seperti yang diajarkan di sekolah.

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

pemahaman ilmu menurut para ahli
vectorstock.com
  1. Cornelius Benjamin

Menurut Cornelius Benjamin pengertian ilmu adalah suatu cabang pendidikan yang berupa kajian terstruktur dan membahas tentang pengetahuan terutama metode, pendapat, persepsi, dan informasi umum lainnya yang meliputi pengetahuan intelektual. Baginya, pengetahuan perlu dicari dan dipahami secara cerdas untuk menjalani kehidupan di dunia tempat dia tinggal saat ini.

  1. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, pengertian ilmu adalah suatu tatanan ilmu yang sistematis yang bertumpu pada daya pikir, dimana setiap ilmu ditinjau ulang bagi siapa saja yang mengetahuinya. Dibutuhkan pemikiran kritis untuk benar-benar mempelajari sains.

  1. Dadang Ahmad S

Menurut Dadang Ahmad, sains merupakan proses yang bertujuan untuk menjelaskan setiap fenomena yang terjadi di alam itu sendiri dan termasuk pembentukan pengetahuan dalam kurun waktu yang lama.

  1. Bung Hatta

Menurut Bung Hatta, pahlawan dari pahlawan proklamator di Indonesia ini menyatakan bahwa pengertian ilmu adalah ilmu yang mengatur hubungan sebab akibat atau sebab akibat yang dipelajari dalam suatu kelompok masalah. Kategori kelompok masalah dapat dilihat dari kebiasaan dan posisinya yang ditunjukkan dari dalam dan luar.

  1. Robert Ackerman

Menurut Robert Ackerman, definisi sains baginya adalah kajian serius yang membahas tentang opini ilmiah dan membuat perbandingan dari setiap perkembangan ide tertentu. Robert meyakini bahwa ilmu dapat diperoleh melalui praktek dan studi untuk menimba ilmu.

  1. Asle Montagu

Menurut Asle Montagu, dalam bukunya yang berjudul "The Cultured Man" membahas pengertian sains sebagai pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan bersumber dari kajian, pengalaman, dan eksperimen untuk membuktikan prinsip-prinsip yang dipelajari.

  1. Rudner

Filsafat ilmu menurut Rudner merupakan bagian dari teori ilmu atau epistemologi yang mengajarkan ilmu pengetahuan. Pengajaran ini hanya difokuskan pada ilmu-ilmu ilmiah.

  1. Dalton dkk.

Menurut Dalton dan rekan-rekannya, pengertian sains berfokus pada keyakinan seseorang pada wawasan ilmiah dan menggunakan penggunaan sistem sebagai cara untuk memperoleh pengetahuan. Selain itu wawasan ini juga mengkaji keterkaitan antara perilaku manusia dengan sains.

  1. Mappadjantji Amien

Menurut Mappadjantji Amien, sains adalah sesuatu yang bersumber dari objek pengamatan, wahyu, alam semesta, media komunikasi, dan metode yang pada akhirnya membentuk suatu jenis ilmu baru.

  1. Izzudin Taufiq

Menurut Izzudin Taufiq, ilmu adalah segala bentuk pencarian informasi data yang dilalui dengan melakukan observasi atau observasi, percobaan, dan kajian untuk membuktikannya. Ini bertujuan untuk menemukan fondasi dasar, esensi, dan asal usul.

  1. John G. Kemeny

Menurut John G. Kemeny, pengertian ilmu adalah suatu wawasan yang dikumpulkan melalui metode ilmiah yang nantinya akan menghasilkan hasil dari penggunaan metode tersebut.

  1. Afanasyef

Menurut Afanasyef, ilmu adalah ilmu yang dimiliki manusia tentang masyarakat, pikiran, dan alam. Konsep alam, hukum, dan lain-lain diuji kebenarannya melalui pengalaman praktis sehingga dapat digolongkan ilmiah.

  1. Harold H. Titus

Menurut Harold, sains adalah segala sesuatu yang teratur dan termasuk kajian populer. Pendekatan yang dilakukan didasarkan pada objek atau peristiwa yang pernah terjadi selama diteliti dengan menggunakan metode observasi.

  1. Michael V. Berry
Baca:  Pengertian Evaluasi

Menurut Michael V. Berry, definisi sains adalah membuktikan hipotesis ilmiah yang perlu diuji validitasnya sebelum menjadi pengetahuan. Hipotesis ilmiah diperiksa dengan menggunakan metode atau teori ilmiah.

  1. Prof. Sondang Siagian

Menurut Prof. Sondang Siagian, ilmu pengetahuan merupakan suatu obyek yang bersifat ilmiah dan mempunyai beberapa kategori berupa rumus, teori, argumentasi dan telah diverifikasi dengan menggunakan eksperimen sistematis. Dengan begitu, ilmu tersebut bisa disebarluaskan untuk dipelajari dan dipahami.

Jenis Ilmu

pemahaman ilmu dan jenisnya
pixabay.com
  1. Ilmu alam

Ilmu Pengetahuan Alam atau yang sering disingkat IPA merupakan salah satu cabang ilmu yang mengacu pada benda-benda ilmiah yang ada di alam. Cabang IPA antara lain Biologi, Fisika, Kimia diajarkan khusus pada jenjang SMP atau SMA. Selain cabang-cabang ilmu tersebut, masih ada ilmu astronomi, geografi, bumi, farmasi, dan lain sebagainya.

Orang yang giat belajar dan mempelajari pengetahuan alam sering disebut sebagai Ilmuwan. Ilmu pengetahuan alam mempelajari tentang semua benda yang ada di dunia baik di bumi maupun di luar angkasa. Semua wawasan ini digunakan untuk menjelaskan setiap gejala atau fenomena yang terjadi secara ilmiah.

  1. Ilmu Sosial

Berbeda dengan IPA, Ilmu Sosial atau disingkat IPS mengkaji struktur masyarakat yang ada. Pengetahuan sosial mempelajari hubungan pola perilaku manusia satu sama lain dalam lingkup interaksi. Cabang ilmu sosial antara lain antropologi, psikologi, ekonomi, ilmu politik, sosiologi, hukum, dan lain-lain.

Dalam ilmu sosial, pola interaksi yang dipelajari dalam masyarakat melibatkan individu dan kelompok. Karena manusia adalah makhluk sosial yang unik, maka perlu dilakukan beberapa penelitian untuk mengetahui alasan seseorang melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam masyarakat.

Penelitian yang dilakukan terkait dengan ilmu sosial bertujuan untuk memahami dan mengklasifikasikan setiap peristiwa yang terjadi di masyarakat. Hal ini dijadikan tolak ukur kausalitas terhadap masalah yang muncul dan diyakini bahwa karakteristik masalah sosial cenderung kompleks.

  1. Ilmu Terapan

Pengertian ilmu terapan adalah suatu tindakan yang mencoba menerapkan ilmu dari bidang tertentu seperti fisika, biologi, matematika, dan lain sebagainya yang langsung dipraktikkan ke dalam kehidupan nyata. Dengan cara ini, terbukti bahwa ilmu pengetahuan bersifat konkrit dan empiris setelah diterapkan.

Cabang sains terapan meliputi teknik dan teknik serta ilmu komputer dan informatika. Kedua cabang ilmu tersebut sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi sebagai media yang digunakan.

Fungsi Sains

pemahaman ilmu dan fungsinya
pexels.com
  1. Sebagai penjelasan

Ilmu di sini berfungsi untuk menjelaskan suatu peristiwa yang terjadi di dunia ini, baik ilmiah maupun non ilmiah. Seperti pengertian ilmu itu sendiri yaitu wawasan yang mengkaji fenomena melalui metode tertentu.

  1. Sebagai prediksi

Berbekal sains, peneliti bisa membuat prediksi tentang suatu fenomena yang mungkin terjadi. Misalnya prediksi cuaca, penerbangan, iklim, dan lain sebagainya oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

  1. Sebagai Kebenaran

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana sebuah peristiwa bisa terjadi dan apa yang memicunya. Oleh karena itu, untuk mengungkap kebenaran tersebut, sains dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan asumsi. Asumsi yang didasarkan pada sains dianggap lebih kuat dari ungkapan biasa tanpa sumber yang akurat.

  1. Sebagai Tindakan Kontrol

Terjadinya fenomena tertentu memiliki kausalitas yang dapat dijawab secara ilmiah, meskipun tidak mencakup keseluruhan bidang. Namun, memiliki bekal pengetahuan memungkinkan seseorang untuk mengambil tindakan pengendalian terhadap suatu gejala yang sedang terjadi.

Persyaratan Pengetahuan

pemahaman ilmu dan persyaratannya
freepik.com
  1. Metodis

Agar pengetahuan bisa disebut sains, itu harus metodis. Metodis adalah proses yang dilakukan untuk menemukan kebenaran melalui pendekatan yang ada. Pada akhirnya, ini akan mengacu pada metode ilmiah yang sudah terbukti. Menguji fenomena dengan hasil metode dalam penelitian terstruktur.

  1. Objektif

Syarat utama ilmu adalah objektif. Padahal, tidak ada ilmu yang subjektif karena kebenarannya belum bisa dibuktikan. Oleh karena itu, suatu ilmu harus objektif berdasarkan kenyataan dan bukan pandangan orang lain. Kebenaran yang diukur telah melalui proses ilmiah dan tidak terdiri dari asumsi ahli atau komponen pendukung penelitian.

  1. Sistematis

Sistematis adalah penataan suatu objek yang teratur dan menyeluruh sehingga penjelasan hubungan kausalitasnya dapat dijelaskan secara logis. Ilmu pengetahuan juga perlu disusun secara sistematis agar berurutan dan mudah dipahami oleh semua orang. Dengan begitu, proses penyampaian ilmu menjadi lebih mudah karena terorganisir.

  1. Universal

Syarat ilmu pengetahuan universal berarti kebenarannya telah diakui dunia dan tidak bisa diterapkan di tempat tertentu. Misalnya, sebuah lingkaran lengkap memiliki sudut 360 derajat. Tidak mungkin di tempat lain untuk tiba-tiba berubah 270 derajat. Karena telah ditetapkan di seluruh dunia bahwa lingkaran utuh memiliki sudut 360 derajat dan pengetahuan ini berlaku di mana pun Anda berada.

Demikian beberapa pengertian ilmu pengetahuan secara umum menurut para ahli untuk menggambarkan istilah dan fungsinya. Hakikat ilmu adalah menambah wawasan empiris baru dan dapat dijadikan landasan dasar dalam melakukan sesuatu.

Postingan Understanding Science muncul pertama kali di Kozio.com.